KISI-KISI SOAL | |||||||||||
TEMA 5 (EKOSISTEM) KELAS V (LIMA) | |||||||||||
NO | MATA PELAJARAN | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | INDIKATOR SOAL | JUMLAH SOAL | NOMOR SOAL | Soal | KUNCI JAWABAN | BENTUK SOAL | ||
1. | PKN | 3.4 | Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup. |
menjelaskan peristiwa Sumpah Pemuda | Dengan pernyataan mengenai sumpah pemuda, siswa mampu menjelaskan peristiwa sumpah pemuda. | 8 | 1 | Pada
kegiatan apa Sumpah Pemuda dirumuskan? a. Kongres Pemuda I Indonesia b. Kongres Pemuda II Indonesia c. Sidang BPUPKI d. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia |
B | PG | |
menjawab dengan tepat pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa bersejarah tentang Proklamasi |
Dengan pernyataan mengenai perumusan teks proklamasi kemerdekaan indonesia, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 2 | Perumusan
Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan di rumah .... a. Ir, Soekarno b. Drs. Moh. Hatta c. Ahmad Soebardjo d. Laksamana Maeda |
D | PG | ||||||
menjawab dengan tepat pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa bersejarah tentang Proklamasi |
Dengan pernyataan, siswa dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan lagu tersebut. | 31 | Lagu kebangsaan Indonesia Raya diciptakan oleh .... | W.R Supratman | ISIAN | ||||||
Menunjukkan usaha mempersatukan NKRI | Dengan pernyataan tentang NKRI, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 3 | Untuk
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka kita harus
menghindari sikap .... a. Cinta tanah air b. Membela persatuan dan kesatuan c. Rela berkorban d. Mendahulukan kepentingan kelompok |
D | PG | ||||||
Menunjukkan usaha mempersatukan NKRI | Dengan pernyataan tentang NKRI, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 4 | Menjaga
persatuan dan kesatuan dilakukan demi .... a. Kebahagian diri sendiri b. Kepentingan pribadi c. Kepentingan golongan d. Tetap tegaknya kemerdekaan dan kedaulatan |
D | PG | ||||||
Menunjukkan usaha mempersatukan NKRI | Dengan pernyataan tentang pengertian wawasan nusantara, siswa mampu menjawab pertanyaan dengan benar. | 5 | Pengertian
wawasan nusantara adalah .... a. Sikap atau cara pandang bangsa indonesia tentang kebudayaan b. Cara sikap dan pandangan bangsa asing terhadap kepentingan bersama c. Sikap atau cara pandang warga negara terhadap kepentingan bersama d. Cara sikap atau pandangan bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungannya |
D | PG | ||||||
Menunjukkan usaha mempersatukan NKRI | Dengan pernyataan tentang NKRI, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 6 | Manfaat
yang diperoleh jika kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah
.... a. Pembangunan berjalan dengan lambat b. Pekerjaan yang kita lakukan tidak akan cepat selesai c. Akan tercipta suasana aman, tertib, dan tentram d. Tumbuh permusuhan antara daerah |
C | PG | ||||||
Menunjukkan usaha mempersatukan NKRI | Dengan pernyataan tentang NKRI, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 32 | Keutuhan NKRI tercermin dalam Pancasila, Sila ke .... | ke-3 | ISIAN | ||||||
2. | BAHASA INDONESIA | 3.7 | Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi. |
menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan secara tepat. | Dengan mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan secara tepat. | 8 | 7 | Perhatikan
teks berikut Negara maritim adalah negara yang memiliki wilayah lautan atau negara yang berada dikawasan teritorial laut yang sangat luas dan memiliki banyak pulau. Indonesia disebut negara maritim karena Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki luas lautan kurang lebih 3.273.810 km2 atau sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan. Informasi yang tidak terdapat pada teks tersebut adalah .... a. Indonesia merupakan negara maritim b. Mata pencaharian utama penduduk Indonesia adalah petani c. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia d. sebagian besar wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan |
B | PG | |
menyebutkan pengertian wawancara dan komponennya | Dengan mencermati teks wawancara siswa dapat memahami pengertian waawancara dan narasumber | 8 | Narasumber
dari wawancara tentang gotong royong di lingkungan sekolah adalah .... a. Ketua RT b. Kepala Sekolah c. Petani d. Nelayan |
B | PG | ||||||
menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan secara tepat. | Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan | 9 | Bacalah
paragraf berikut Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan tergantung kepada organisme lain. Konsumen mengonsumsi organisme lainnya untuk bertahan hidup. Dalam suatu ekosistem, yang berperan sebagai konsumen biasanya adalah hewan. Pokok pikiran dari paragraf tersebut adalah .... a. Konsumen adalah makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri b. Dalam suatu ekosistem, yang berperan sebagai konsumen biasanya adalah hewan c. Konsumen mengonsumsi organisme lainnya untuk bertahan hidup d. Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanannya sendiri |
D | PG | ||||||
menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan secara tepat. | Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan | 10 | Bacalah
paragraf berikut Letak geografis Indonesia cukup strategis. Secara geologis, Indonesia adalah negara yang terletak di natara beberapa lempengan bumi dan beberapa dangkalan laut. Hal ini menyebabkan kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di setiap wilayahnya. Informasi penting dari paragraf tersebut adalah .... a. kondisi geografis Indonesia berbeda-beda di setiap wilayahnya b. Letak astronomis Indonesia cukup strategis c. Indonesia merupakan negara kepulauan d. Kondisi geografis Indonesia hampir semua sama |
PG | |||||||
membuat beberapa pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang berbeda |
Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu membuat pertanyaan dengan menggunakan kata tanya yang berbeda. | 11 | Bacalah
paragraf berikut Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu. Perubahan yang bersifat alami dan menjadi bagian dari daur kehidupan di dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti karena perubahan tersebut berlangsung lambat. Pertanyaan yang dapat dibuat dari paragraf tersebut yaitu .... a. Perubahan apa yang tidak akan mengganggu suatu ekosistem? b. Mengapa perubahan-perubahan yang bersifat alami tidak akan mengganggu ekosistem? c. Apa penyebab rantai makanan terganggu? d. Mengapa ekosistem dapat terganggu? |
A | PG | ||||||
menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan secara tepat. | Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan | 12 | Bacalah
teks berikut. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki budaya yang beragam. Selain itu, Indonesia dianugerahi alam yng subur dan kaya. Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa dan merupakan negara maritim terbesar. Itulah alasan Indonesia dikatakan sebagai negara yang unik dan menarik untuk dikunjungi wisatawan mancanegara. Pikiran utama dari paragraf tersebut adalah .... a. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia b. Indonesia memiliki budaya yang beragam c. Indonesia dilintasi oleh garis khatulistiwa d. Indonesia dikatakan sebagai negara yang unik dan menarik untuk dikunjungi wisatawan mancanegara |
A | PG | ||||||
Menyebutkan pengertain pamflet | Dengan pernyataan tentang pamflet, siswa dapat menyebutkan menjaab dengan benar. | 33 | Pamflet adalah sebuah tulisan tentang .... | informasi yang terdiri atas tulisan termasuk gambar di dalamnya | ISIAN | ||||||
menyebutkan pengertian wawancara dan komponennya | Dengan peryataan tentang percakapan antara dua orang atau lebih, siswa dapat menyebutkan pengertian wawancara. | 34 | Percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan penanya disebut .... | Wawancara | ISIAN | ||||||
3 | IPA | 3.5 | Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar. |
menggolongkan
hewan berdasarkan jenis makanannya |
Dengan peryataan tentang penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 8 | 13 | Manakah
hewan yang termasuk kelompok herbivor ? a. Kucing, tikus, kuda dan anjing b. Kelinci, sapi,domba dan kerbau c. Orang utan, beruang madu, kancil dan buaya d. Kadal, katak, ular dan cecak |
B | PG | |
memahami
dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup |
Dengan pernyataan tentang jenis-jenis ekosistem, siswa dapat menjawab perntanyaan dengan benar. | 14 | Contoh
ekosistem alami adalah .... a. Kolam b. Sawah c. Bendungan d. Hutan tropis |
D | PG | ||||||
memahami
dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup |
Dengan pernyataan tentang jenis-jenis ekosistem, siswa dapat menjawab pertayaan dengan benar. | 15 | Dalam
ekosistem sawah, yang berperan sebagai produsen adalah .... a. Tikus b. Padi c. Ular d. cacing |
B | PG | ||||||
memahami
dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup |
Dengan menyajikan gambar tentang "Rantai makanan" , siswa dapat menjawab pertayaan dengan benar. | 16 | ![]()
|
C | PG | ||||||
memahami
dan menjelaskan hubungan antarmakhluk hidup |
Dengan pernyataan tentang "Rantai Makanan" siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 17 | Kumpulan
beberapa rantai makanan dalam ekosistem yang saling berhubungan disebut
.... a. Ekosistem b. Jaring-jaring makanan c. Simbiosis d. komunitas |
B | PG | ||||||
menunjukkan
akibat perubahan lingkungan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan |
Dengan peryataan tentang keseimbangan ekosistem, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 18 | Tindakan
yang perlu dilakukan agar keseimbangan ekosistem terjaga adalah .... a. Melestarikan hewan dan tumbuhan b. Membuang limbah ke sungai c. Melakukan penebangan liar d. Memburu hewan langka |
A | PG | ||||||
tahap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup | Dengan pernyataan tentang metamorfosis, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 35 | Sebutkan contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna? | Kecoa | ISIAN | ||||||
memahami dan menjelaskan hubungan antar makhluk hidup | Dengan pernyataan tentang simbiosis, siwa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 36 | Simbiosis di mana yang satu memperoreh keuntungan dan lain tidak dirugikan yaitu .... | Simbiosis Komensalime | ISIAN | ||||||
4 | IPS | 3.1 | Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi. |
mengenali
kegunaan komponen-komponen pada peta untuk membuat sebuah peta |
Dengan pernyataan tentang komponen-komponen pada peta, siswa dapat mengetahui lambang permukaan bumi menurut warna. | 8 | 19 | Warna
hijau pada peta melambangkan permukaan bumi untuk .... a. Dataran rendah b. Dataran tinggi c. Laut dangkal d. Laut dalam |
A | PG | |
menghubungkan
kondisi daerah dengan kegiatan ekonomi di daerahnya yang memiliki ketampakan alam yang berbeda |
Dengan pernyataan mengenai ciri masyarakat pantai, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 20 | Manakah
yang bukan merupakan ciri masyarakat pantai ? a. Mata pencaharian sebagai nelayan b. Pola pemukiman memanjang mengikuti garis pantai c. Rumah-rumahnya memiliki ventilasi yang banyak d. Terdapat banyak perkebunan teh |
D | PG | ||||||
menghubungkan
kondisi daerah dengan kegiatan ekonomi di daerahnya yang memiliki kenampakan alam yang berbeda |
Dengan pernyataan mengenai kenampakan alam, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 21 | Kenampakan
alam dataran tinggi dimanfaatkan untuk .... a. Perikanan b. Pertambangan c. Perkebunan d. persawahan |
C | PG | ||||||
menghubungkan
kondisi daerah dengan kegiatan ekonomi di daerahnya yang memiliki kenampakan alam yang berbeda |
Dengan pernyataan mengenai kenampakan alam, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 22 | Berikut
ini yang bukan termasuk kenampakan alam adalah .... a. Sungai b. Gunung c. Danau d. pelabuhan |
D | PG | ||||||
mendeskripsikan pengaruh indonesia sebagai negara maritim dan agraris terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya, trasportasi dan komunikasi | Dengan pernyataan mengenai geografis, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 23 | Faktor-fakator
geografis yang menjadi penyebab utama keragaman di Indonesia di antaranya
sebagai berikut, kecuali .... a. Kondisi ekologis b. Letak geografis c. Kondisi penduduk d. Posisi strategi |
A | PG | ||||||
mengenali letak dan luas Indonesia melalui peta | Dengan pernyataan mengenai peta, siswa dapat mengetahui posisi Indonesia. | 24 | Posisi
indonesia berada di antara
.... a. Benua eropa dan benua asia b. Benua asia dan benua amerika c. Benua asia dan australia d. Benua amerika dan benua australia |
C | PG | ||||||
mengenali
kegunaan komponen-komponen pada peta untuk membuat sebuah peta |
Dengan pernyataan tentang Atlas, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar. | 37 | Kumpulan beberapa peta yang berbentuk buku disebut .... | Atlas | ISIAN | ||||||
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi serta transportasi |
Dengan pernyataan selain sistem komunikasi, siswa dapat menyebutkan faktor penting bagi kelancaran kegiatan ekonomi. | 38 | Selain sistem komunikasi, faktor penting bagi kelancaran kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat berbeda pulau adalah .... | Transfortasi | ISIAN | ||||||
5 | SBDP | 3.2 | Memahami tangga nada. | Menyebutkan ciri-ciri tangga nada mayor dan minor | Dengan pernyataan tentang tangga nada mayor, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 4 | 25 | Manakah
yang merupakan ciri tanda nada mayor? a. Lagu bersifat sedih b. Kurang bersemangat c. Diawali dengan nada la=A d. Interval antar not berurutan adalah 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½ |
D | PG | |
Menyebutkan ciri-ciri tangga nada mayor dan minor | Dengan pernyataan tentang tangga nada minor, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 26 | Contoh
lagu yang memiliki tangga nada minor adalah .... a. Syukur b. Maju tak gentar c. Garuda pancasila d. Hari merdeka |
A | PG | ||||||
Menyebutkan ciri-ciri tangga nada mayor dan minor | Dengan pernyataan tentang tangga nada minor, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 27 | Manakah
yang merupakan ciri-ciri tanda nada minor kecuali? a. Diawali dengan nada la=A b. Diawali dan diakhiri nada Do c. Lagu bersifat sedih d. Interval antar not berurutan adalah 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½ |
B | PG | ||||||
Menyebutkan ciri-ciri tangga nada mayor dan minor | Dengan pernyataan tentang ciri-ciri tangga nada mayor adan minor, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 39 | Lagu “Halo-Halo Bandung” memiliki tangga nada .... | Mayor | ISIAN | ||||||
3.3 | Memahami
properti tari daerah. |
Menyebutkan properti tari dan manfaatnya | Dengan pernyataan tentang tari, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 4 | 28 | Contoh
tarian daerah yang menggunkan suara manusia adalah tari .... a. Jaipong b. Saman c. Merak d. kecak |
D | PG | |||
Menyebutkan properti tari dan manfaatnya | Dengan pernyataan tentang fungsi properti seni tari, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 29 | Berikut
ini yang bukan merupakan fungsi properti pada seni tari adalah .... a. Membantu menjelaskan cerita b. Memperkuat c. Untuk bergaya d. Menambah keindahan |
C | PG | ||||||
Menyebutkan properti tari dan manfaatnya | Dengan pernyataan tentang keindahan hasil anyaman, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 30 | Berikut
ini yang tidak termasuk nilai-nilai yang menentukan keindahan hasil anyaman
adalah .... a. Model anyaman b. Variasi warna anyaman c. Keterampilan pengrajin d. Harga bahan anyaman |
D | PG | ||||||
Menyebutkan properti tari dan manfaatnya | Dengan menunjukkan gambar yang disajikan, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar | 40 | ![]()
|
Piring | ISIAN |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar